Tugas Pokok, Fungsi, Rincian Tugas dan Tata Kerja

Tugas Pokok,Fungsi, Rincian Tugas dan Tata Kerja Unsur-Unsur Organisasi Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Sesuai dengan Peraturan Bupati Hulu Sungai Selatan Nomor 033 Tahun 2009

Dinas Lingkungan Hidup, tata Kota dan perdesaan

Pasal 2

 

(1)  Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian urusan rumah tangga Daerah dan tugas pembantuan dibidang lingkungan hidup, tata ruang kota dan perdesaan, penataan fasilitas umum dan bidang kepermaian serta tugas lain yang diberikan Bupati sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

(2)  Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.   perumusan kebijakan teknis dibidang lingkungan hidup, tata ruang kota dan perdesaan, penataan fasilitas umum dan bidang kepermaian berdasarkan kebijakan umum yang ditetapkan oleh Bupati sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;

b.   pembinaan, pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan bidang lingkungan hidup;

c.   pembinaan, pengawasan, dan evaluasi penyelenggaraan bidang tata ruang kota dan perdesaan;

d.   pembinaan, pengawasan, dan evaluasi penyelenggaraan bidang penataan fasilitas umum;

e.   pembinaan, pengawasan, dan evaluasi penyelenggaraan bidang kepermaian;

f.   pengelolaan urusan kesekretariatan.

(3)  Tugas ebagaimana  dimaksud ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   menetapkan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup, tata ruang kota dan perdesaan, penataan fasilitas umum dan bidang kepermaian sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

b.   menetakan program kerja Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan sesuai dengan kebijakan teknis Dinas

c.   melaksanakan bimbingan teknis, mengkoordinasikan dan mengendalikan penyelenggaraan kegiatan bidang lingkungan hidup;

d.   melaksanakan bimbingan teknis, mengkoordinasikan dan mengendalikan penyelenggaraan kegiatan tata ruang kota dan perdesaan;

e.   melaksanakan bimbingan teknis, mengkoordinasikan dan mengendalikan penyelenggaraan kegiatan bidang Penataan Fasilitas Umum;

f.   melaksanakan bimbingan teknis, mengkoordinasikan dan mengendalikan penyelenggaraan kegiatan bidang Kepermaian;

g.   mengendalikan pengelolaan kegiatan kesekretariatan;

h.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugas.

 

Pasal 3

Unsur-unsur organisasi Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan terdiri dari :

a.    Sekretariat;

b.   Bidang Lingkungan Hidup;

c.    Bidang Tata Ruang Kota dan Perdesaan;

d.   Bidang Penataan Fasilitas Umum;

e.    Bidang Kepermaian;

f.    Kelompok Jabatan Fungsional.

 

Sekretariat

Pasal 4

(1)   Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan umum, kepegawaian, perencanaan dan keuangan serta tugas lain yang diberikan kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

(2)   Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimakdus pada ayat (1) Sekretariat mempunyai fungsi sebagai berikut:

a.  penyusunan program, pembinaan pengaturan dan evaluasi pengelolaan urusan ketatalaksanaan  rumah tangga dan perlengkapan, hubungan masyarakat dan keprotokolan;

b.  penyusunan program, pembinaan, pengaturan dan evaluasi pengelolaan administrasi kepegawaian.

c.  penyusunan program, pembinaan, pengaturan dan evaluasi kegiatan penyusunan perencanaan dan rencana dinas;

d.  penyusunan program, pembinaan, pengaturan dan evaluasi kegiatan penyusunan rencana anggaran, pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan pertranggung jawaban keuangan;

e.  penyusunan program, pembinan, pengaturan, dan evaluasi pengkoordinasian kegiatan bidang-bidang

(3)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.  menyusun program, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dan rencana kerja Dinas;

b.  menyusun program, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan sarana prasarana kerja, urursan rumah tangga, kehumasan dan surat enyurat;

c.  meyusun program, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan administrasi kepegawaian;

d.  menyusun program, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penyusunan rencana anggaran dan pengelolaan administrasi keuangan

e.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugas.

 

Pasal 5

Unsur-unsur organisasi Sekretariat terdiri dari :

a.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

b.    Sub Bagian Perencanaan

c.    Sub Bagian Keuangan

 

Pasal 6

(1)   Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan surat-menyurat, kearsipan, Inventaris Barang, rumah tangga, perlengkapan, keprotokolan, perjalanan dinas dan kehumasan serta pengelolaan administrasi kepegawaian dan ketatalaksanaan.

(2)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut:

a. melaksanakan kegiatan surat menyurat, penataan, penyelamatan dan pemeliharaan arsip, pengetikan dan penggandaan;

b.  menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dan Rencana Tahunan Barang Unit (RTBU) sesuai usulan masing-masing Bidang;

c.  menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan pengadaan, penyimpanan, inventarisasi, pemeliharaan, distribusi dan penghapusan barang;

d.  melaksanakan pengelolaan urusan keamanan dan kebersihan lingkungan kantor;

e.  melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan Dinas, pelayanan akomodasi tamu, hubungan masyarakat dan keprotokolan;

f.  meyiapkan bahan dan menyusun rencana kebutuhan pegawai (bezetting formasi);

g.  mrnyiapkan bahn dan menyusun rencana kebutuhan pendidikan dan pelatihan pegawai;

h.  menyiapkan bahan dan menyusun rencana mutasi kepegawaian meliputi pengusulan pengangkatan dalam jabatan, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, pemberhentian, pensiun dan cuti;

I.   menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan pegawai meliputi pembinaan disiplin, pengawasan melekat, kesejahteraan, epmberian tanda jasa/penghargaan dan kedudukan hukum pegawai;

j.   menyiapkan bahan dan mengelola tata usaha kepegawaian meliputi DUK, dokumentasi berkas kepegawaian dan rekapitulasi absensi;

k.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugas.

 

Pasal 7

(1)   Sub Bagian perencanaan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan penyusunan program dan rencana kerja serta pelaporan pelaksanaan kegiatan Dinas.

(2)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.  menyiapkan bahan dan melaksanakan kegiatan penyusunan program Dinas;

b.  melaksanakan pengumpulan, pemgolahan, penyajian dan analisa data yang berhubungan dengan bidang Dinas;

c.  melakukan kerjasama dengan unit kerja dan instansi terkait dalam rangka penyusunan rencana kerja Dinas, baik rencana kerja tahunanm jangka menengah maupun jangka panjang;

d.  menyusun laporan kegiatan sebagai bahan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dan bahan masukan bagi atasan;

e.  menyiapkan bahan dan menyusun konsep laporan kegiatan Dinas, baik laporan rutin maupun laporan insidential;

f.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris susuai bidang tugas.

 

Pasal 8

(1)   Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas menyusun rencana anggaran, pengelolaan administrasi keuangan dan pertanggung jawaban serta laporan keuangan.

(2)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut  :

a.  meyiapkan bahan dan menyusun teknis penyusunan anggaran dan pengelolaan administrasi keuangan;

b.  meyiapkan bahan dan menyusun rencana anggaran belanja tidak langsung, anggaran belanja langsung, rencana penerimaan dan pendapatan Dinas

c.  melaksanakan kerjasama penyusunan rencana anggaran dan rencana pendapatan dan penerimaan;

d.  menyiapkan bahan pengesahan dokumen anggaran;

e.  menyiapkan bahan dan mengelola administrasi keuangan;

f.  menyiapkan bahan dan melaksanakan evaluasi realisasi anggaran;

g.  menyiapkan bahan dan menyusun laporan pertanggung jawaban keuangan dan penyimpanan dokumen keuangan;

h.  menyiapkan bahan dan mengusulkan pejabat pengelola perbendaharaan

i.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugas

 

Bidang Lingkungan Hidup

Pasal 9

(1)   Bidang Lingkungan Hidup mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengawasan, dana pengendalian analis dampak lingkungan serta pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup.

(2)   Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Lingkungan Hidup mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.  penyusunan program, rencana teknis dan bimbingan teknis, pengawasan dan analisa mengenai dampak lingkungan;

b.  penyusunan program, rencana teknis dan bimbingan teknis, pengawasan, epngendalian dan pemulihan lingkungan;

(3)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.  menyusun program, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan pengkajian dan pembinaan laboratorium;

b.  merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penyaiapan bahan analisa dan penyusunan juknis analisis mengenai dampak lingkungan;

c.  merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penyiapan bahan analisa dan penyusunan juknis analisis pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup;

d.  merencanakan, operasional, mengatur dan mengevaluasi pemberian rekomendasi atau perizinan dibiang lingkungan hidup;

e.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugas.

 

Pasal 10

Unsur-unsur organisasi Bidang Lingkungan Hidup terdiri dari :

a.    Seksi Analisis Dampak Lingkungan

b.    Seksi Pengendalian dan Pemulihan

Pasal 11

(1)  Seksi Analisis Dampak Lingkungan mempunyai tugas meniapkan bahan pembinaan, perencanaan, pengawasan dan pengendalian serta pelaksanaan analisis mengenai dampak lingkungan.

(2)  Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   menghimpun dan mengolah data analisa mengenai dampak lingkungan;

b.   menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis pelaksanaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL), Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) dan Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL) berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

c.   melaksanakan kegiatan operasional teknis pekerjaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL);

d.   melaksanakan analisis dan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan program Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL), Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) dan Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL)

e.   menyiapkan bahan pengaturan dan pemberian izin bidang lingkungan hidup;

f.    melaksanakan, pengendalian dan pengawasan kegiatan yang berdampak lingkungan hidup;

g.   melaksanakan evaluasi dan analisis terhadap sistem dan metode pelaksanaan kegiatan analisis mengenai dampak lingkungan;

h.   melaksanakan tugas lain yang diberikan kepala Bidang Lingkungan Hidup sesuai bidang tugas.

 

Pasal 12

(1)   Seksi Pengendalian dan Pemulihan mempunyai tugas menyiapkan bahan pembinaan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup serta menyiapkan bahan pengembangan dan mengelola laboratorium.

(2)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   menghimpun dan mengolah data pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup;

b.   menyusun program, mengatur dan mengawasi pelaksanaan penyiapan bahan pembinaan koordinasi perizinan pembuangan limbah dan kegiatan operasional pembangunan yang menimbulakn dampak terhadap lingkungan;

c.   melaksanakan pembinaan, bimbingan dan menyiapkan bahan juknis pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup;

d.   melaksanakan perencanaan design pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup;

e.   melaksanakan kegiatan pengawasan pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup;

f.    melaksanakan, pengendalian dan evaluasi terhadap  sistem dan metode pengendalian dan pemulihan lingkungan hidup;

g.   menyiapkan pengumpulan dan pengolahan data pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan laboratorium penelitian kualitas lingkungan, rekayasa kemampuan hayati lingkungan, pengembangan pemeriksaan dan analisa contoh uji;

h.   menyiapkan bahan dan melaksanakan koordinasi pengawasan dan pengendalian perizinan dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup, pengolahan dan pembuangan limbah B3 serta pencemaran air dan udara;

i.    menyaipakan bahan dan melaksanakan kebijakan teknis program pemulihan kualitas lingkungan serta koordinasi pembinaan, bimbingan teknis dan evaluasi kegiatan pemulihan kualitas lingkungan;

j.    melaksanakan tugas lain yanng diberikan kepala Bidang Lingkungan Hidup sesuai bidang tugas.

 

Bidang Tata Ruang Kota dan Perdesaan

Pasal 13

(1)   Bidang Tata Ruang Kota dan Perdesaan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, pemanfataan, pengawasan dan pengendalian ruang kota dan perdesaan

(2)   Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Tata Ruang Kota dan Perdesaan mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.   penyusunan program rencana teknis, kebijakan dan bimbingan teknis dibidang tata ruang kota dan perdesaan;

b.   penyiapan dan pengolahan data mengenai informasi tata ruang kota dan perdesaan;

c.   pengawasan dan pengendalian terhadap pemanfataan tata ruang kota dan tata ruang perdesaan.

(3)   Tugas sebagaimana dimaksud ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   merencanakan dan mengevaluasi pelaksanaan penyiapan bahan, analisis dan penyusunan program rencana dan bimbingan teknis serta data informasi dibidang tata ruang kota dan perdesaan;

b.   merencanakan dan mengevaluasi pelaksanaan pemberian rekomendasi dalam rangka perizinan/pemanfaatan dibidang tata ruang kota dan perdesaan;

c.   melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai bidang tugas;

 

Pasal 14

Unsur-unsur orgasnisasi Bidang Tata Ruang Kota dan Perdesaan terdiri dari :

a.       Seksi Tata Ruang Kota ;

b.      Seksi Tata Ruang Perdesaan.

 

Pasal 15

(1)   Seksi Tata Ruang Kota mempunyai tugas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan pengelolaan sarana prasarana kegiatan penataan ruang perkotaan.

(2)   Tugas sebagaimana dimaksud ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   melaksanakan penyusunan program serta perencanaan teknis dan peraturan perundang-undangan dibidang tata ruang kota;

b.   menghimpun dan mengolah data program rencana teknis peraturan perundang-undangan dibidang tata ruang kota;

c.   menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis penataan ruang perkotaan;

d.   melaksanakan dan mengatur pelaksanaan pemanfaatan terhadap sarana dan prasarana tata ruang kota;

e.   melaksanakan pengawasan, pengendalian dan evaluasi terhadap pemanfaatan ruang perkotaan;

f.    menyiapkan bahan dan menganalisis data dalam rangka pemberian rekomendasi perizinan dibidang tata ruang kota;

g.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Tata Ruang Kota dan Perdesaan sesuai bidang tugas;

 

Pasal 16

(1)  Seksi Tata Ruang Perdesaan mempunyai tugas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan pengelolaan sarana prasarana kegiatan penataan ruang perdesaan.

(2)  Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   melaksanakan penyusunan program serta perencanaan teknis dan peraturan perundang-undangan dibidang tata ruang perdesaan;

b.   menghimpun dan mengolah data program rencana teknis dan peraturan perundang-undangan dibidang tata ruang perdesaan;

c.   menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis penataan runag perdesaan;

d.   melaksanakan  dan mengatur pelaksanaan pemanfaatan terhadap sarana dan prasarana tata ruang perdesaan;

e.   melaksanakan pengawasan, pengendalian dan evaluasi terhadap pemanfaatan ruang perdesaan;

f.    menyiapkan bahan dan menganalisis data dalam rangka pemberian rekomendasi perizinan dibidang tata ruang perdesaan;

g.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Tata Ruang Kota dan Perdesaan sesuai bidang tugas;

Bidang Penataan Fasilitas Umum

Pasal 17

(1)  Bidang Penataan Fasilitas Umum mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengembangan dan penataan sarana prasarana umum dan pembinaan perizinan dan pengawasan fasilitas umum.

(2)  Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Fasilitas Umum mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.   pembinaan, pengawasan dan pengendalian penataan sarana prasarana umum;

b.   pembinaan, pengawasan dan pengendalian perizinan dan pengawasan fasilitas umum.

(3)  Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan penyiapan bahan, analisis dan penyusunan juknis penataan fasilitas umum;

b.   merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan penyiapan bahan, analisis dan penyusunan juknis fasilitas umum;

c. merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pemberian rekomendasi dan perizinan dibidang penataan fasilitas umum;

d.   melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai bidang tugas.

 

Pasal 18

Unsur-unsur organisasi Bidang Fasilitas Umum terdiri dari :

a.   Seksi Penataan Sarana Prasarana Umum;

b.   Seksi Pembinaan, Perizinan dan Pengawasan Fasilitas Umum.

 

Pasal 19

(1)  Seksi Penataan Sarana Prasarana Umum mempunyai tugas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan penataan sarana prasarana umum.

(2)  Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   menghimpun dan mengolah data penataan Sarana Prasarana Umum;

b.   melaksanakan pembinaan, bimbingan dan menyiapkan bahan juknis penataan sarana prasarana umum;

c.   melaksanakan penyusunan program dan perencanaan penataan sarana prasarana umum;

d.   melaksanakan kegiatan pelaksanaan tata ruang kota;

e.   melaksanakan pengendalian dan evaluasi terhadap sistem dan metode pelaksanaan sarana prasarana umum;

f.    menyiapkan bahan dan mengolah laporan serta memelihara arsip kegiatan penataan sarana prasarana umum;

g.   melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Fasilitas Umum sesuai bidang tugas.

 

Pasal 20

(1)  Seksi Pembinaan, Perizinan dan Pengawasan Fasilitas Umum mempunyai tugas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan pembinaan, perizinan dan pengawasan fasilitas umum.

(2)  Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.   mmenghimpun dan mengolah data sarana dan prasarana fasilitas umum;

b.   melaksanakan pembinaan, bimbingan dan menyiapkan bahan petunjuk teknis kegiatan pemeliharaan dan pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum;

c.   melaksanakan perencanaan design pembangunan dan pemeliharaan fasilitas  dan prasarana fasilitas umum;

d.   melaksanakan kegiatan pengawasan pemeliharaan dan pembangunan sarana prasarana fasilitas umum;

e.   melaksanakan pengendalian dan evaluasi terhadap sistem dan metode kegiatan pemeliharaan dan pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum;

f.    melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum;

g.   menyiapkan bahan dan mengolah laporan serta memelihara arsip kegiatan pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana fasilitas umum;

h.   melaksanakan tugas lain yanng diberikan oleh Kepala Bidang Fasillitas Umum sesuai bidang tugas.

 

Bidang Kepermaian

Pasal 21

(1)   Bidang Kepermaian mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengembangan dan penyelenggaraan kebersihan dan pertamanan serta penerangan jalan.

(2)   Untuk melaksanakan tugas sebagimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Kepermaian mempunyai tugas sebagi berikut :

a. pembinaan, penyusunan program dan rencana, pengawasan dan pengendalian serta pelaksanaan penyelenggaraan kebersihan dan pertamanan;

b.  pembinaan, penyusunan program dan rencana, pengawasan dan pengendalian serta pelaksanaan penyelenggaraan penerangan jalan dan reklame.

(3)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (!) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.  merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan penyiapan bahan, analis dan penyusunan juknis kebersihan dan pertamanan;

b.  merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pelaksanaan penyiapan bahan, analisis dan penyusunan juknis penerangan jalan dan reklame;

c. merencanakan operasional, mengatur dan mengevaluasi pemberian rekomendasi dan perizinan dibidang kepermaian;

d.  melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai bidang tugas.

 

Pasal 22

Unsur-unsur organisasi Bidang Kepermaian terdiri dari :

a.    Seksi Kebersihan dan Pertamanan

b.    Seksi Penerangan Jalan

 

Pasal 23

(1)   Seksi Kebersihan dan Pertamanan mempunyai tugas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan kebersihan dan pertamanan.

(2)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut

a.  menghimpun dan mengolah data kegiatan penyelenggaraan kebersihan pertamanan;

b.  melaksanakan pembinaan, bimbingan dan menyiapkan bahan juknis kebersihan dan pertamanan;

c.  melaksanakan penyusunan program dan perencanaan kebersihan dan pertamanan;

d.  melaksanakan pengendalian dan evaluasi terhadap sistem dan metode penyelenggaraan kegiatan kebersihan dan pertamanan;

e.  menyiapkan bahan dan megolah laporan serta memelihara arsip kegiatan kebersihan dan pertamanan;

f.  menyiapkan bahan pemberian rekomendasi atau izin penempatan/lokasi TPS/TPA;

g. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang Kepermaian sesuai bidang tugas.

 

Pasal 24

(1)   Seksi Penerangan Jalan mempunyai tugas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan penyelenggaraan penerangan jalan dan reklame.

(2)   Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai rincian sebagai berikut :

a.  menghimpun dan mengolah data penataan kegiatan penerangan jalan dan reklame;

b.  melaksanakan pembinaan, bimbingan dan menyiapkan bahan juknis kegiatan penerangan jalan dan reklame;

c.  melaksanakan penyusunan program dan perencanaan kegiatan penerangan jalan dan reklame;

d.  melaksanakan kegiatan pengawasan pelaksanaan kegiatan penerangan jalan dan reklame;

e.  melaksanakan pengendalian dan evaluasi terhadap sistem dan metode pelaksanaan kegiatan penerangan jalan dan reklame;

f.  menyiapkan bahan dan mengolah laporan serta memelihara arsip kegiatan penataan kegiatan penerangan jalan;

g.  menyiapkan bahan pemberian rekomendasi atau izin kegiatan penerangan jalan dan reklame;

h.  melaksanakan tugas lain yang diberikan kepala Bidang sesuai bidang tugas.

 

Kelompok Jabatan Fungsional

Pasal 25

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan sesuai dengan keahlian dan kebutuhan.

 

Pasal 26

(1)  Kelompok jabatan fungsional sebagaimana dimaksud dalam pasal 25 terdiri dari sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan bidang keahliannya.

(2)  Kelompok jabatan fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikoordinasikan oleh tenaga fungsional senior yang ditunjuk oleh Bupati dan dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

(3)  Jabatan fungsional sebagaimana pada ayat (1) dibentuk berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.

(4)  Jenis jabatan fungsional sebagaimana pada ayat (1) diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

TATA KERJA

Pasal 27

(1)  Urusan kesekretariatan dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

(2)  Masing-masing Bidang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

(3)  Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

(4)  Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

 

Pasal 28

Dalam melaksanakan tugasnya, setiap pimpinan unsur-unsur organisasi dan kelompok jabatan fungsional di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan wajib menerapkan prinsip koordinasi, integritas dan sinkronisasi baik dalam lingkup Pemerintah Daerah serta dengan instansi lain diluar Pemerintah Daerah sesuai dengan tugas masing-masing.

 

Pasal 29

Setiap pimpinan unsur-unsur organisasi di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan wajib mengawasi bawahannya masing-masing dan bila terjadi penyimpangan agar mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Pasal 30

Setiap pimpinan unsur-unsur organisasi di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan bertanggung jawab memimpin dan mengkoordinasikan bawahan masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahannya.

 

Pasal 31

Setiap pimpinan unsur-unsur organisasi di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Tata Kota dan Perdesaan wajib mengikuti dan mematuhi petunjuk dan bertanggung jawab kepada atasan masing-masing dan menyiapkan laporan berkala tepat pada waktunya.

 

Pasal 32

Setiap laporan yang diterima oleh pimpinan unsur-unsur organisasi dari bawahannya sebagaimana dimaksud dalam pasal 31 wajib diolah dan dipergunakan sebagai bahan untuk penyusunan laporan lebih lanjut dan untuk memberikan petunjuk kepada bawahan.

 

Pasal 33

Dalam penyampaian laporan masing-masing kepada atasan, tembusan laporan dapat disampaikan pula kepada unsur-unsur organisasi lain yang secara fungsional mempunyai hubungan kerja.

 

Pasal 34

Dalam melaksanakan tugas setiap pimpinan unsur-unsur organisasi dibantu oleh unsur-unsur organisasi dibawahnya dan dalam rangka pemberian bimbingan kepada bawahan masing-masing wajib mengadakan rapat berkala.

 

Pasal 35

Pelimpahan wewenang dan petunjuk Pejabat yang mewakili Kepala Dinas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :

a.         Dalam hal Kepala Dinas berhalangan, maka ditunjuk Sekretaris sebagai pejabat yang mewakili Kepala Dinas;

Dalam hal Sekretaris juga berhalangan, maka ditunjuk Kepala Bidang sebagai Pejabat yang mewakili Kepala Dinas berdasarkan senioritas kepangkatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: